Agroindustri dan stok bahan baku >> Sistem Agroindustri 02/03/2011


latar belakang mengapa bahan baku Agroindustri harus dibahas secara khusus yakni mengingat karakteristik bahan terutama yang bersifat musiman dimana tidak selalu tersedia produksinya ( terkadang jika musim panen tiba hasilnya melimpah ruah membuat harganya turun drastis, jika tidak musimnya maka akan sulit ditemukan sehingga harga turun) selain itu hasil panen yang melimpah ruah ini juga tidak bisa langsung ditangani sehingga penyerapan bahan baku dari hasil pertanian tersebut tidak maksimal. sehingga nilai ekonomisnya akan turun dan nilai produk tidak bisa dikembalikan pada pemilik.

selain itu yang menyebabkan nilai ekonomis bahan agroindustri turun yakni proses fisiologis sehingga semakin lama akan terlihat tidak segar, tekstur bahan menjadi lentur, teksturnya keriput, baunya tidak harum. sehingga kurang menarik minat pembeli.

salah satu penumpukan bahan agro yang tidak segera ditangani adalah Raskin atau beras miskin. karena banyaknya stok beras yang akan disalurkan maka harus menunggu lama untuk proses penyalurannya hal ini menyebabkan beras tresebut apek sehingga kurang lakay untuk di konsumsi. Raskin yang apek ini menunjukan pula adanya penanganan yang kurang tepat atau baik.

selain dipengaruhi oleh musim tanaman agroindustri juga dipengaruhi oleh letak atau tempat. setiap tempat memiliki karakteristik yang berbeda sehingga hasil pertaniannya pun akan berbeda. kalaupun bisa ditanam didaerah yang kurang tepat biasanya hasil pertanian tersebut tidak akan maksimal.

dari keterangan diatas bisa kita ketahui bahwa memang produk pertanian bersifat fluktuatif ketika panen hasil melimpah ruah harganya kan anjlok sedangkan ketika bukan musimnya harga akan melonjak naik. sehingga industri yang bergerak dibidang oertanian harus mengetahui karakteristik produk pertanian dan juga memahami bahwa sebenarnya harga bahan baku itu sama tergantung pada pelaku industri yang mengelolanya.

faktor lain yang mempengaruhi efektifitas perlakuan padda bahan baku adalah mesin pengolahan dimana jika mesin pengelolahan dapat bekerja sesuai dengan kapasitas produksinya. sehingga nantinya mesin tersebut dapat bekerja maksimal dan dapat menekan biaya operasional karena mesin pengelolahan yang bekerja dibawah kapasitas akan memboroskan energi dan umur pakai mesin sehingga jika dihubungkan dengan stok bahan baku perlu adanya manajemen stok agar bahan baku selalu ada dan siap ketika dibutuhkan.
contoh industri rokok. memiliki stok bahan baku yang telah tersimpan bertahun-tahun . semakin lama tembakau tersimpan akan menghasilkan rokok yang lebih berkualitas.

sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan akan bahan baku telah menyerap 30% biaya produksi sehingga sangat penting bagi suatu industri untuk selalu menjaga stok bahan bakunya. sistem penyimpanan bahan baku yakni first in first out. dimana bahan yang masuk terlebih dahulu harus keluar terlebih dulu. sehingga tempat penimpanan (gudang) di desain sedemikian rupa untuk mempermudah proses pengambilan bahan baku tersebut dari gudang.

jika ingin menjaga kualitas suatu produk maka yang pertama dilakukan yakni menjaga kualitas bahan baku. bagaimana caranya? hal ini bisa mendatangkan dari pihak lain (suplier) atau dengan menyediakan sendiri seperti PT the great giants pineaple di lampung dimana industri tersebut menyiapkan bahan baku sendiri , mengolanya hingga memasarkannya. sehingga semuanya dapat terkontrol. sedangkan industri yang mendapatkan bahan baku dari pihak lain biasanya membuat kontrak kerja sama dengan pihak suplier dan menentukan kualitas bahan baku yang ingin digunakan sehingga bahan baku yang lulus kriteria industri akan dipergunakan untuk stok bahan baku insutri tersebut. (quality assurance)

dengan pandangan yang menyeluruh mengenai kinerja in dustri kita dapat memandangnya sebagai sebuah sistemyang terkait satu sama lain.

renungan: bagaimana negara maju semakin diuntungkan oleh produk agroindustri yang telah mereka kuasai??

keuntungan produk agroindustri adalah akan selalu dihasilka setiap saat dan tidak akan bisa dihentikan produksinya.sehingga dapat dimanfaatkan secara kontinyu.
selain itu manusia lebih suka hal yang instan dan memiliki cendeerungan pertambahan penduduk setiap harinya hal ini menyebabkan tingginya kebutuhan konsumen. sehingga jika kita memiliki produk yang bagus pasti laku terjual.

hal ini kita contohkan negara cina dimana negara ini memiliki potensi yang cukup besar di sektor pengobatan herbal (dari tanaman). dimana neggara barat yang mulai melirik teknik pengobatan cina ini mulai melakukan penelitian , reset dsb di negara cina tersebut sehingga cina akan sangat diuntungkan dengan adanya openelitian tersebut dan produk mereka akan dikenal oleh masyarakat dunia. dan tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan banyak devisa bagi negaranya.

2 Comments (+add yours?)

  1. andi setiawan
    Mar 04, 2011 @ 15:56:02

    manstab……

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: