kelembagaan bisnis>>manajemen bisnis 15-22/03/2011

Dalam suatu industri pasti memiliki badan hukum atau kelembagaan sesuai dengan ukuran atau skala perusahaannya. dari PIRT, Firma, CV hingga PT. persamaan yang dimiliki kesemuanya tujuan sama yakni untuk mencari keuntungan dan memilikistruktur formal.

hal yang paling menonjol dalam perbedaan tersebut yakni banyaknya karyawan atau pekerja yang bekerja pada perusahaan tersebut. semakin besar bentuk perusahaan semakin besar pula jumlah pekerja yang dimilikinya.

pekerja merupakan sumber daya manusia yang memiliki kekhususan dalam manajemen perusahaan. sehingga diperlukan beberapa hal yang berhubungan dengan SDM yaitu:
1. fungsi personalia, seperti pada analisa jabatan yang ada pada staf perusahaan dimana dibutuhkan dua hal dalam penentuan apply yang kita ajukan yakni mengintegrasikan antara job spesialisasi jabatan yakni kriteria yang bisa mengisi jabatan atau posisi tersebut. dan yang kedua yakni job description. penjelasan mengenai apa dan bagaimana pekerjaan itu dikerjakan. biasanya inti surat lamaran ada pada kedua hal diatas, jika tidak maka akan sulit sekali diterima walaupun anfda memiliki kemampuan yang lebih karena pada dasarnya apada surat lamaran yang konvensional cenderung sulit untuk menarik bagian administrasi untuk menerima surat kita untuk seleksi tahap berikutnya dimana kita dapat menunjukkn kemampuan lebih yang kita miliki.sehingga ketika kita menulis lamaran pekerjaan kita bisa menuliskan jabatan yang kita inginkan, motivasi kita, danm spesifikasi yang bisa kita tonjolkan

setelah tahap penerimaan biasanya ada training yang harus diikuti oleh pekerja yang baru. bagian ini merupakan tugas dari pihak personalia.

salah satu wacana yang bisa digambrkan yakni seringnya tawaran magang dijepang. gajinya sekitar 4-5 jutaan. pekerjaan ketika training sampe magang biasanya sama.. monoton.. itu2 saja.. hal ini dilakukan atas nama magang bukan tenaga kerja indonesia agar tidak terkesan adanya pekerja impor. karena hal ini sangat riskan di jepang. dan karena memang disana sulit menemukan tenaga kasar. sehingga upah disana lumayan untuk ukuran orang indonesia.

2. hubungan industrial, yang terdiri dari collective agreement, dan collective bargain.
collective agreement ialah kriteria standar awal atau perjanjian bersama antara pekerja dan pemilik. dan collective bargain adalah negoisiasi khususnya pada masalah upah atau gaji.

3. hubungan sesama manusia dimana kita bisa berperilaku baik dengan atasan, rekan kerja maupun bawahan kita.

wacana: dalam industri
dalam suatu proses operasional industri memiliki sistem kerja yang berbeda-beda ada yang pekerjaan itu monoton atu spesifikasi ada yang general masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. terjkadang ini pula dijadikn strategi oleh pemilik industri agar tetap menjaga kerahasiaan urgent yang dimiliki perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: