HubuNgaN eNteRpreUner dan SiK “Sistem informasi dan Komunikasi”

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. namun miris sekali ketika kita menyadari kenyataan bahwa kita masih bagian dari negara berkembang. ini menunjukan bahwa SDM yang kita miliki masih belum mampu memenuhi kebutuhan untuk mengolah ataupun mengembangkan apa yang kita miliki. seharusnya dengan kekayaan berupa kekayaan SDA dapat menopang kemajuan negara kita. bahkan bisa menjadi negara besar dan maju.

membincangkan negara maju seperti halnya Amerika, Jepang, Turki, Jerman dsb. kita harus menyadari satu hal yang paling mendasar. negara maju seperti mereka tidak memiliki sumber daya alam sebanyak kita. mereka bahkan tidak memiliki lahan atau potensi untuk bercocok tanam seperti kita. padahal satu hal paling penting pada suatu negara adalah tercukupinya kebutuhan pangan bagi warga negaranya. bukankah hal yang tidak sinkron? mereka tidak punya SDA tapi mampu menjadi negara yang maju?? jawabannya hanya satu. karena memiliki sumber daya manusia yang memumpuni. mereka mampu melahirkan generasi enterpreuner. generasi yang dapat menjawab tantangan hidup di era globalisasi ini. mereka mampu mendirikan perusahan-prusahan besar untuk menngktkan perekonomian mereka. mereka mengimpor bahan baku lalu mengolahnya menjadi suatu produk yang arganya lebih tinggi kemuian diekspor di negara-negara lain untuk mendapatkan devisa negara. bayangkan jika hal itu kita terapkan pada indonesia. sudah kaya akan SDA tinggal bagaimana caranya mencetak SDM yang memiliki jiwa enterpreuner yang tanggap lingkungan. agar suatu hari kita dapat menjawab solusi untuk menekan laju pengangguran dan sebagai upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi kemakmuran masyarakat.

lalu Apakah yang dimaksud dengan entrepreneurship ? Banyak yang memberikan pengertian secara sempit, yaitu hanya sebagai ketrampilan dan pengetahuan dalam hubungannya dengan membuka lahan bisnis yang baru. Pengertian entrepreneur yang dihubungkan langsung dengan dunia bisnis akan membatasi pengertian yang asli dari entrepreneurship. Istilah entrepreneur dari padanan kata dalam bahasa Inggris, dan berasal dari bahasa Perancis ENTREPRENDRE, yang artinya menjalankan, melakukan, dan berusaha. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai WIRAUSAHA. WIRA berarti gagah berani, Usaha berarti tindakan untuk mencapai suatu hasil. Jadi WIRAUSAHA adalah orang yang gagah berani atau perkasa dalam menekuni usaha untuk mencapai hasil.

dari definisi diatas kita dapat menyimpulkanya secara sederhana bahwa seorang enterpreuner itu seperti pengusaha, pemilik toko dsb. lalu bagaimana bisa enterpreuner bisa dihubungkan dengan sistem informasi dan komputer?? HoW_Can??? ^_^
check it out
_
_
_
well sebelum kita mengetahui hubungan keduanya maka kita harus tahu terlebih dahulu, apa sich SIK itu??
definisi sistem informasi dan komunikasi terbagi menjadi 2 hal.
yang pertama yakni definisi sistem informasi: Sistem Informasi
Satu set elemen atau komponen yang saling ber-relasi, yang memiliki kemampuan “mengumpulkan” (input), memanipulasi (process), dan menyebar-luaskan (output) data dan informasi, serta menyediakan mekanisme umpan-balik (feedback) guna mencapai suatu tujuan.
sedangkan sistem informasi yang berbasis komputer yakni Tersusun atas hardware, software, basisdata, telekomunikasi, manusia, dan prosedur yang dirancang untuk mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan, dan memproses data menjadi informasi.

hemm.. so ketika kita mengetahui definisi enterpreuner maupun SIK kita dapat menghubungkan keduanya. seorang enterpreuner seperti, pengusaha, pemilik toko, pemilik perusahaan internasional dan sebagainya , mereka tentu memiliki banyak hal yang perlu diketahui untuk mengontrol keberlangsungan usaha yang mereka pegang, contohnya saya memiliki perusahaan multi nasional chi’s world yang memiliki cabang dibeberapa negara seperti jepang, cina, turki, jerman dsb. yang bergerak dalam bidang fashion khususnya pakaian syar’i bagi muslimah diseluruh dunia. dengan perusahaan sebesar itu saya pasti bingung bagaimana mengontrol maupun mengetahui input-proses-out put apa saja yang ada pada perusahaan saya, mulai dari input bahan baku , proses pembuatan baju, pemasaran produk, struktur kepegawaian, gaji pegawai, aset yang saya miliki. hingga pada realisasi planning kedepan untuk perusahaan saya. disinilah sistem informasi hadir dengan segala kemudahan akses informasi yang didukung dengan kemajuan teknologi sehingga saya mampu untuk mengelola seluruh perusahaan saya. walaupun saya berada di indonesia saya bisa dengan mudah mengakses informasi dari cabang perusahaan saya yang tersebar di negara lain. sangat mudah kan??

teknologi sistem informasi ini hanya bisa dikembangkan oleh manusia yang memiliki SDM yang bagus dan berkualitas. kita sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam sangat beruntung . Allah sudah memberikan kepada kita modal yang besar. tinggal bagaimana kita mampu untuk memanfaatkan serta mengelolanya. bangun dan rencanakan hidupmu. jangan mau hanya jadi seorang pekerja. jadilah seorang bos yang mampu mengayomi hidup anda sendiri dan orang banyak. hidup hanya sekali. jadilah orang yang bermanfaat. tatalah sejak dini. tanamkan jiwa enterpreuner dalam dirimu. Allah memberikan apa saja yang kita butuhkan tapi sadarkah anda bahwa anda bisa dari pada itu? hidup makmur dengan membantu banyak orang disekitar kita.membuka lapangan pekerjaan bagi mereka, meningkatkan devisa negara negra maupun pendapatan masyaratkat.hanya dengan menjadi seorang enterpreuner anda memanfaatkan alam, memberikan nilai tambah padanya dengan mendirikan usaha yang dijadikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. sangat berharga bukan?? !!…

sedikit mengenai hubungan enterpreuner dan juga peran SIK didalamnya. saya Ayu k wardani sebagai penulis mohon maaf apabila ada salah kata. kritik dan saran selalu saya harapkan untuk pengembangan diri saya. sekian. wassalam..

terima kasih untuk artikel sekilas enterpreuner dari blog dibawah ini :
http://www.gamalielschool.org/index.php?option=com_content&view=article&id=53:model-pendidikan-entrepreneurship-menyiapkan-generasi-abad-21&catid=3:kurikulum&Itemid=11

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Hubungan Enterpreneurship dengan Sistem Informasi dan Komunikasi « satriaindradharma596

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: