Peran sistem informasi>>sistem informasi dan komunikasi 11/03/2011

Dalam sistem informasi dan komunikasi yang dibahas pada tanggal 11/03/2011 mengenai manfaat ataupun peranan yang dapat diambil dari sistem informasi dan komunikasi dalam industri.
disini kita dapat mengetahui betapa pentingnya informasi dan komunikasi dalam menjalankan peran dilingkungan industri dari segala lapisan pekerja yang ada di dalam struktural industri.
yakni dalam internal industri, dalam kerjasama maupun mengendalikan keberlangsungan perusahaan. hingga pada pelayanan konsumen. semua sangat efektif jika dilakukan dengan sistem informasi dan komunikasi dalam suatu perusahaan.

selain itu peranan penting yng lain yakni dalam pengorganisasian bisnis dimana dibutuhkan komunikasi yang dapat berjalan lebih eektif dan tepat sasaran.

informasi tersebut merupakan bentuk media untuk mengontrol dan mngendalikan perusahaan agar tetap pada tujuan dari faktor input hingga outputnya.
tujuan diatas mencakup pada tujuan jangkah pendek , menengah ataupun untuk jangka panjang.

sistem informasi dalam suatu perusahaan bisa digmbarkan dengan hubungan piramida.
berbentuk kerucut: semakin keatas semakin mengerucut, hal ini menggambarkan banyaknya pihak yang berperan dari bawah ke atas semakin sedikit. namun resiko yang dimiliki semakin besar. serta kedudukan dan wewenangnya lebih besar.

pada bagian teratas paramida. ditempatin oleh dewan direksi, yang berhak mangambil keputusan penting dan memiliki modal yang ada pada perusahaan, memiliki planning jangka panjang. lapisan kedua senior manajer yang berhak menjadi penasehat dewan direksi dan merencanakan rencana jangkah menengah,lalu management level. merencanakan atau membuat keputusan jangka pendek. lalu knoeledge level bagian operasional manajemen. dan yang terakhir adalah operational level atu buruh.

secara vertikal pada piramida akan terbagi menjadi bagian marketing, manufactures, finance, accounting, human resources.

sistem informasi inilah yang menjembatani antara faktor yang horisontal dan vertikal.

jenis sumber daya informasi yakni manusia, material, mesin, uang, informasi.

tipe utama sistem informasi:
1. sistem pemrosesan transaksi
2. sistem pengetahuan kerja
3. sistem otomisasi perkantoran
4. sistem informasi manajemen
5. sistem pendukung keputusan
6. sistem pendukung eksekutif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: