marketing 1 >>sistem Agroindustri 23/03/2011

Markting atau pemasaran merupakan kegiatan yang mendekatkan antara produsen dan konsumen
konsepnya yakni:
1. membuat produk yang diinginkan konsumen.
2. mengetahui keinginan konsumen (produk baru solusi untuk konsumen)
kedua hal diatas akan sangat berarti bagi pemasaran. karena dengan adanya produk yang diperklukan oleh konsumen , kita tidak perlu menawarkan, mereka senidri yang otomatris datang dan merelakan uangnya untuk membeli produk kita.

pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan. hal ini dikarenakan pihak pemasaran biasanya mengetahui keseluruhan dari masung2 divisi yang ada dalam suatu perusahaan, meliputi masalah bahan baku, keuangan, produksi dsb.

adapun sistem kerja secara umum yang dilakukan pada bagian pemasaran. yakni pemasaran mengetahui keinginan atau kebutuhan konsumen, kemudian diteliti oleh RND. dan diberikan pada master produksi untuk diperiksa. master produksi memproduksi barang lalu ke personalia hingga pada produk ke tangan konsumen, semua yang berperan pada aktivitas tersebut yakni bagian marketing atau pemasaran.

pemasaran merupakan penyambung untuk:
– tempat : penyambung antara produsen dan konsumen
– waktu : memilih waktu yang tepat untuk pemasaran barang ke konsumen
– informasi : memberikan informasi tentang produk yang ingin dijual
– nilai : kualitas produk
– kepemilikan: menunjukan keppemilikan perusahaan “brands”
– jumlah : banyaknya jumlah produk yang dipasarkan
– pilihan: yang memikirkan tahap pemutusan dalam pengeluaran produk.

fungsi-fungsi dalam pemasaran:
– buying : pembelian bahan baku yang cocok untuk produknya
– selling : menjual produk
– transporting : distribusi barang
– storing : yang menentukan kapan barang disimpan dan dikeluarkan
– standarization: menyamakan produk “mutu produk”
– financing : keuangan menyesuaikan kebutuhan produk yan ditawarkan pemasaran
– risk taking : pengambilan keputusan
– market information: informasi produk pada pasar

biasanya terjadi sedikit permasalahan pada bagian keuangan dan pemasaran. jika pemasaran membtuhkan banyak dana untuk produknya. keuangan beruusaha menekan pengeluaran perusahaan.

permasalahan yang sering muncul pada pemasaran indoinesia yakni
1. standart mutu pproduk. sangat suilit sekali didapatkan adanya keseragaman produk seperti ukuran, rasa, dst
2. informasi pasar. mengenai diskripsi produk kurang mungkn diketahui ingredientnya , masa expite, dst
3. sarana dan prasarana yang kurang modern. cenderung tradisional

sehingga dibutuhkan manajemen pemasaran yakni
adanyakebutuhan atau keinginan pasar yang kita realisasikan dengan memberikan solusi dengan poroduk kita yang kemudian akan mempertimbangkan nilai produk, sehingga terjalin hubungan, transaksi dan pertukaran pada pemasaran hingga produk jatuh ke tangan konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: