Ergonomi >> penanganan bahan 02/03/2011

ergonomi merupakan ilmu yang mendesain pekerjaan agar sesuai dengan pekerja bukan memaksa badan pekerja agar sesuai dengan pekerjaannya. “fitting the task to the man”

yang kedua yakni membuat agar pekerjaan tersebut nyaman dikerjakan oleh pekerjanya.

pada prinsip fitting the task to the man yakni pekerjaan harus diubah sesuai dengan postur tubuh mnusia. contohnya proses pemmbersihan mobil. dulu manusia melakukannya dengan membuat lubang dibawah mobilo untuk membersihkan mobil bagian bawah lalu sekarang dibuatlah alat untuk mengangkat mobil tersebut. sehingga manusia tidak perlu turun kebawah untuk membersihkannya.contoh diatas merupakan aplikasi ilmu ergonomi agar manusia lebih nyaman dalam melakukan pekerjaannya.

alasan ppentingnya ilmu ergonomi yakni:
-ada pekerjaan yang harus dikerjakan berulang0ulang. jika ini tidak sesuai dengan postur tubuhnya atau kenyamanan tubuhnya maka akan menyebabkan kelelahan dan prubahan postur tubuhnya.
yang kedua ada pula pekerjaan yang harus dikerjakan sendiri, tidak bisa dibantu oleh orang lain. sehingga mau tidak mau resiko pekerjaan ditanggung sendiri.
contohnya yakni proses produksi emping melinjo. kita ketahui bahwa eming melinjo yang tipis akan semakin bagus kulaitasnya. namun dalam pembuuatan agar emping tersebut menjadi tipis harus dikerjakan sendiri oleh pekerja yakni tangan kiri memegang biji melinjo dan tangan kanan bersiap memukul biji tersebut dengan palu. jika tidak hati-hati maka tangan pekrerja tersebut akan terluka.

ergonomi Mengadaptasi pekerjaan, stasiun kerja, peralatan dan mesin agar cocok dengan pekerja
untuk mengurangi stress fisik pada badan pekerja dan mengurangi resiko cacat kerja yang berhubungan dengan musculoskeletal disorders (MSDs).

MSDs

hal yang perlu dipertimbangkan agar ada kesesuaian antar pekerja dan pekerjaannya yaitu:
Cara melakukan pekerjaan, Peralatan yang digunakan (ukuran, bentuk, dan bagaimana agar dapat digunakan untuk bekerja), Lingkungan fisik (suhu, kelembaban, penyinaran, suara, getaran)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: