“Pendaftaran beasiswa TURKI”

Bismillah..
Semangat semuaaaaaaaaa…………..!! yang baca pasti anda-anda yang so curious tentang gimana caranya dapet beasiswa luar kan?? apalagi turki.. hehehe saya pastikan anda adalah orang yang sukses,karena anda sudah melewati tahap awal dari kesuksesan.. tanya kenapa??? karena anda sudah membuka dan membaca blog saya.. ckckck *just kidding😀
saya katakan sukses karena “ANDA adalah orang yang MAU berusaha.. mencari dan akhirnya membuka jalan kesuksesan anda sendiri “sukses itu relatif, gda teori pasti untuk pengertiannya”
next…
langsung saja.. untuk mendapatkan apa yang ANDA inginkan “baca:beasiswa” ANDA cari info selengkapnya mengenai:
1. pengumuman resmi yang berkaitan dengan beasiswa dari negara tersebut.
2. teliti dengan seksama persyaratan yang tertera dalam pengumuman dan segera lengkapi persyaratannya. persyaratan dari masing-masing beasiswa berbeda-beda namun umumnya mereka yang memiliki IPK atau ijazah yang bagus itulah yang sesuai. serta skor Toefl yang kurang lebih 500 lah..
3. ketahui tentang jurusan atau bidang yang ingin anda ambil serta hubungan bidang tersebut bagi kehidupan anda dan sekitar.
4. teman fb atau siapapun yang tahu ataupun pernah mendapatkan serta mengetahui mengenai beasiswa tersebut.
5. budaya serta segala informasi tentang negara tersebut.
ketika kelimanya sudah terpenuhi silahkan anda apply pada masing-masing institusi yang mengadakan beasiswa tersebut.

>>>>>>>>>>>>BEASISWA TURKI<<<<<<<<<<<<
Banyak sekali jenis beasiswa yang ditawarkan dari negara satu ini, tapi yang paling mudah didapatkan informasinya yakni beasiswa pemerintah turki (beasiswa MEB).
turki memberikan kesempatan kepada indonesia dan menyediakan beberapa paket untuk program summer course, undergraduate (S1), MAster, PhD, dan riset. info lebih lanjut klik (http://www.indo-ank.org/beasiswa-Turki.htm)
yang bakalan saya share disini adalah pengalaman saya ketika mengikuti program untuk S1.
awalnya hanya pengen wisata ke turki.. tapi pas liat ada pengumuman beasiswa sudah gak perlu pikir panjang.. langsung aja aku cari info2 buat apply! hehe🙂..
pertama persyaratan yang harus diselesaikan lebih dahulu yakni masalah transkip nilai dan ijazah yg harus diterjemahkan dalam bahasa inggris atau bahasa turki, yang saat itu terpikirkan adalah gimana caranya menerjemahkan transkip nilai sma, padahal SMAku belum pernah melakukannya. akhirnya dengan bekal ilmu bhs.inggris yang pas-pasan dan temenku yang pernah jadi tutor bhs inggris jadilah terjemahan bhs inggris untuk transkip nilai (rapor sma) itu. tapi.. pasti ada saja masalah yang timbul. bagian TU sma gak begitu saja menerima.. harus berbelit-belit birokrasinya. tapi alhamdulillah beres dalam waktu 2mingguan lah,, kalau untuk ijazah harus diterjemahkan oleh ahlinya.. biasanya per lembar sekitar 60-120rb.. tergantung dimana anda menerjemahkan, paling murah setau saya sich di FIB ugm.. cuma 60rb per lembar..😀 setelah semua beres minta tanda pengesahan ke kepala sekolah yang bersangkutan dan juga legalisirnya.
langkah kedua buat surat keterangan sehat dari rumah sakit, jangan lupa dalam bentuk bhs inggris.. kalau seandainya RS tersebut tidak memiliki form dalam bentuk bhs inggris maka kalian buat contohnya dulu aja. tapi sebagian besar RS dikota besar sudah ada kok😀
lalu yang penting dan tidak boleh terlewatkan.. harus ngisi application formnya.. biasanya di kedubes sudah ada, jadi minta aja kesana😀 adapula bagian penting yang harus mikir dulu sebelum diisi. yakni bagian rencana study yang akan kalian ambil. kalian harus bener2 bisa menuangkan keinginan kalian beserta alasan yang logis disana. tentunya hal ini akan ditanyakan pada sesi wawancara nantinya. yang terakhir siapkan foto dan fotocopi paspor, kalau belum punya paspor bisa buat dulu.. ni cara pembuatan paspor (https://ayukwardani.wordpress.com/2011/09/14/cara-membuat-paspor/#more-425)
setelah semua berkas lengkap, segera kirimkan ke kedutaan besar republik turki atau kamu sendiri yang langsung kesana. kalau aku dulu langsung aja kesana sekalian wawancara juga😀
wawancaranya juga gak sulit kok, karena kamu sudah punya semua jawabannya.. mereka hanya ingin tahu seberapa besar minat dan pengetahuan kamu mengenai beasiswa, turki, ataupun tujuan kamu kesana.. jawab sesuai dengan hati nurani kamu, cz itulah jawaban yang terbaik😀
setelah verifikasi berkas dan wawancara tinggal menunggu pengumuman.. pengumumannya biasanya pada bulan september. dan itu bersifat tertutup jadi kalau sampai bulan oktober tidak ada email ataupun telepon dari pihak embassy mungkin anda belum beruntung.. tapi jangan kawatir. masih banyak beasiswa yang lain.. gagal itu biasa.. sukses itu baru luar biasa.. yakinlah pada Allah..😀 “Orang sukses itu yang paling banyak mengetahui dari orang lain, paling banyak berusaha dari yang lain NAMUN sedikit berharap dari yang lain” sedikit berharap bukan berarti gak yakin.. itu beda lagi.. yakin dan percayai Allah dan kemampuan diri anda sendiri, yakinkan anda sendiri bahwa anda orang yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.. ^^
itulah pengalaman yang bisa saya share disini,. semoga bermanfaat😀

6 Comments (+add yours?)

  1. Suryadi
    Feb 02, 2012 @ 14:48:31

    blog nya bagus bgt, trus jg buat org smangat!

    Reply

  2. ade nisfula
    May 25, 2012 @ 07:58:46

    Salam kenal mbak ayukwardani..🙂 mbak, kalau wawancara sama pak Dubesnya, pake bahasa indonesia kan? terus kalau udah dapet beasiswa, biaya transport-nya pake uang sendiri atau dari pemerintah Turki? Mbak kan ambil program S1, itu jurusan apa mbak ? Maaf ya mbak pertanyaannya banyak. Soalnya dari dulu saya pengen ke Turki. Tolong di jawab ya mbak. Terimakasih sebelumnya :))

    Reply

  3. Syahadah Rizka
    Jul 03, 2012 @ 06:56:53

    salam kenal kak, adakah email/contact yg bisa dihubungi?
    alahamdulillah saya lolos untuk interview di kedubes Turki, Jakarta nanti tgl 9 Juli.
    boleh tanya2 lbih bnyak kak?
    Salam,
    Rizka

    Reply

  4. dita
    Jul 04, 2012 @ 03:48:27

    mbak ayuk mau tanya nih🙂 wawancara beasiswa turkinya yg di kedubes turki itu pake bhs inggris ya? kalo misalnya belum fasih2 bgt berbahasa inggris, apa berpengaruh ke peluang dapet enggaknya beasiswa? makasi🙂

    Reply

  5. Rana Rafidah G.
    Nov 04, 2012 @ 15:45:28

    Waaah aku juga sangat tertarik soal beasiswa dari pemerintah turki ini kaak. Aku skrg kelas 3 SMA di jakarta dan pengen bisa dapetin beasiswa ini…tapi takut sama seleksinya takut gak lolos-_- kalau boleh tau, seleksinya itu hanya seleksi berkas aja atau ada tes pelajarannya kak? Makasih;-)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: